Sabtu, 05 Mei 2018

4 Makanan Paling Khas yang Wajib Anda Icip Asli Bandung

Bandung memang terkenal dengan wisata kulinernya, setiap weekend atau hari libur lainnya sudah dapat di pastikan Bandung akan ramai dengan wisatawan wisatawan lokal yang haus akan hiburan dan wisata kuliner yang banyak terdapat di kota ini. Banyak juga café café yang terdapat di Bandung yang menyajikan masakan dan makanan khas Jawa Barat atau pun khas Bandung.

4 Makanan Paling Khas yang Wajib Anda Icip Asli Bandung

Dari pagi hingga malam ada saja tempat makan yang menyajikan masakan masakan atau makan khas Bandung yang wajib Anda coba. Sebenarnya masakan atau makanan khas Bandung tidak jauh dengan makanan khas Jawa Barat. Sebenar nya apa saja sih makanan khas Bandung dan apa saja makanan yang wajib di cicipi apabila datang ke kota Bandung?. Berikut adalah 4 makanan paling khas yang wajib Anda cicipi asli Bandung.

1. Surabi 

Kalau ingat Bandung pasti ingat surabi khas kota ini bukan?, kalau dulu surabi hanya di sajikan dengan oncom yang di taburkan di atasnya saja, sekarang sih sudah lebih beragam kreasi surabi yang di sajikan seperti surabi daging, telur, keju, coklat dan mengikuti perkembangan cemilan masa kini surabi juga ada yang toppingnya nutela, ovomaltine, toblerone, milo dan lain lain.

Tetapi legend nya sih surabi itu di nikmati dengan gula merah dan juga surabi kinca. Selain murah surabi ini dapat di jumpai di hampir setiap rumah makan khas sunda yang ada di kota Bandung. Surabi ini cukup membuat perut Anda kenyang loo, walaupun kelihatannya kecil dan hanya untuk cemilan tetapi mengenyangkan bisa untuk sarapan atau makan malam dan harganya juga cukup terjangkau paling mahal biasanya harganya juga masih terjangkau 20ribu saja.

2. Tahu Susu Lembang 

Sudah pasti pernah dengar dong tentang tahu susu yang terkenal ini, kalau datang ke Lembang jangan lupa beli tahu susu Lembang. Sebenarnya tahu susu ini kelihatannya sama saja dengan tahu lain yang di jual di pasaran dan bahan utamanya juga kedelai tetapi apa yang membuatnya lebih istimewa adalah campuran susu yang terdapat di tahu susu Lembang ini lain dari pada tahu tahu pada umumnya yang di jual di pasaran atau supermarket.

Perbedaan nya terletak pada teksturnya yang lembih lembut dan rasanya yang lebih gurih dari tahu lainnya serta kandungan gizi yang terdapat di dalam nya pasti lebih baik dari tahu biasanya. Awal mula tahu susu Lembang ini adalah pada tahun 2008 dan kenapa namanya tahu susu Lembang karena memang berasal dari Lembang.

Tahu ini di kemas tidak seperti tahu tahu lainnya yang bentuknya agak besar, tahu susu Lembang relative lebih kecil seukuran dengan tahu Sumedang.

3. Seblak 

Pasti Anda sudah pernah mendengar makanan khas Bandung ini sebelumnya, kalau ke Bandung harus coba seblak, cemilan yang cukup terkenal di Bandung ini sangat di gemari karena rasa gurihnya yang khas dan apabila Anda penyuka pedas, seblak ini cocok sekali Anda nikmati. Membuatnya juga cukup mudah dan bahan bahannya juga mudah di dapatkan.

Bahan dasar khas nya adalah kencur atau cikur dalam bahasa Sunda nya. Awal nya seblak ini hanya kerupuk yang di siram kuah campuran kencur dan bumbu bumbu lainnya tetapi bukan Bandung kalau tidak kreatif dan berkreasi dengan bahan lain. Ada juga seblak ceker, seblak pasta, seblak macaroni, seblak batagor, seblak ceker dan lain lain.

4. Kue Cubit 

Siapa sih yang tidak suka dengan cemilan satu ini, selain ada di mana mana, harganya yang murah dan rasanya yang enak kue cubit ini sempat sangat booming pada tahun 2016 lalu dimana kue cubit di kreasikan dengan adonan green tea, atau dengan toping toping yang bervariasi seperti toping toblerone, kitkat, oreo , nutella, taro dan toping kekinian lainnya.

Sampai sampai antrian di setiap penjual kue cubit ini sangat panjang dan selalu habis dengan cepat. Kalau kue cubit original nya biasanya sih hanya di sajikan dengan meses yang leleh saja. Selain di pinggir pinggir jalan sekarang kue cubit sudah masuk café loo, beberapa café atau restoran menyajikan kue cubit sebagai desert di menu mereka karena kue ini selalu di cari.

Kalau mampir ke Bandung, jangan lupa mencicipi makanan makanan khas Bandung ya! Selamat berwisata kuliner.